Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pesantren Dalam Membina Akhlak Al-Karimah Siswa Kelas VIII Di Mts Syarif Hidayatullah Wonopringgo

Amaliyah, Risqi (2025) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pesantren Dalam Membina Akhlak Al-Karimah Siswa Kelas VIII Di Mts Syarif Hidayatullah Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118226 - Bab I dan Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2118226 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2118226 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak pula bisa mempunyai dampak kuat dalam membangun akhlak siswa, sebab di dalam pembelajaran itu banyak memuat mengenai aturan cara berperilaku dan contoh-contoh kisah teladan dari figur islam terdahulu, alhasil proses pembelajaran akidah akhlak disekolah diharapkan mampu membentuk pribadi yang terpuji sesuai dengan karakteristik agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis pesantren dalam membina akhlak al-karimah siswa kelas VIII di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?, dan (2) Apa saja kendala yang dihadapi guru akidah akhlak dalam membina akhlak al-karimah siswa kelas VIII di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis pesantren dalam membina akhlak al-karimah siswa kelas VIII di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, dan (2) Kendala yang dihadapi guru akidah akhlak dalam membina akhlak al-karimah siswa kelas VIII di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode yang digunakan dengan metode observasi berupa pengamatan, metode wawancara berupa pertanyaan terstruktur dan metode dokumentasi berupa data lapangan. Analisis data dengan menggunakan kualitatif yang didapat dari hasil observasi dan wawancara yng disimpulkan dalam pernyataan-pernyataan. Implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis pesantren dalam membina akhlak al-karimah siswa kelas VIII di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan dikembangkan dalam tiga tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dengan berkoordinasi dengan kepala madrasah dan menyesuaikan pada visi, misi dan tujuan madrasah. Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dengan pola atau model seperti pesantren melalui kegiatan pengembangan pembiasaan-pembiasaan positif. Evaluasi yang menunjukkan bahwa pengembangan dengan pola pesantren sangat menbantu dalam upaya pembinaan akhlak al-karimah siswa kelas VIII di MTs Syarif Hidayatullah. Kendala pembelajaran akidah akhlak oleh guru dalam membina akhlak al-karimah siswa kelas VIII di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Pekalongan antara lain: Diperlukannya ketepatan antara bahan ajar dengan media pembelajaran yang mendukung pembejaran pola pesantren, Kondisi mental para siswa yang memang perlu dilakukan pengkondisian dari pengaruh kondisi lingkungan di luar madrasah dan juga HP, perlu waktu dan sarana prasarana yang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, Ahmad197510202005011002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Akidah Akhlak dan Akhlak Al-Karimah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:10
Last Modified: 21 Jul 2025 09:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item