PENERAPAN STRATEGI NADZOMAN DALAM PEMBELAJARAN NAHWU KITAB JURUMIYAH DI PONDOK TREMAS PACITAN

Silviani, Zafiroh Silviani (2025) PENERAPAN STRATEGI NADZOMAN DALAM PEMBELAJARAN NAHWU KITAB JURUMIYAH DI PONDOK TREMAS PACITAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221093 skripsi bab 1 dan bab 5.pdf

Download (677kB)
[img] Text
2221093 FULL teks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221093 lampiran.pdf

Download (819kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ilmu hanwu merupakan salah satu ilmu alat yang penting dalam tradisi pendidikan pesantren, namun sering kali dianggap sulit dan kurang diminati oleh santri sehingga anggapan tersebut dapat berdampak pada minat santri terhadap memahami materi. Dengan demikian, pengajaran di Pondok Tremas menghadirkan Nadzom Arjal yang dikembangkan sebagai strategi pembelajaran alternatif yang disusun dalam bentuk bait-bait syair berirama guna mempermudah hafalan dan pemahaman santri terhadap kaidah nahwu secara bertahap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di Pondok Tremas Pacitan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengadakan tringulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan strategi nadzoman melalui lalaran untuk dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik serta menumbuhkan minat santri dalam memperlajari nahwu. Selain itu juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penerapan nadzoman tersebut pada pembelajaran nahwu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanstrategi nadzoman menggunakan Nadzom Arjal yang merupakan inovasi baru dari pondok tersebut tidak hanya membantu memudahkan santri dalam menghafal dan menguasai kaidah nahwu secara lebih ringan, tetapi juga menumbuhkan semangat belajar yang tinggi. Meski demikian, keberhasilan metode ini sangat di pengaruhi oleh peran guru dalam menjelaskan dan menyampaikan makna setiap bait serta menjaga kesinambungan kegiatan lalaran agar tetap berjalan yang mana nadzom tersebut dilakukan saat klasikal dan di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Nahwu, Stategi Pembelajaran, Nadzoman
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:57
Last Modified: 21 Jul 2025 06:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15315

Actions (login required)

View Item View Item