Muzayyanah, Zulfiyatun (2025) PENGEMBANGAN KARTU CESAR ( CERDAS AKTIF RELIGIUS ) UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS V MI AL-MA’ARIF SALAMERTA KEC. MANDIRAJA KAB. BANJARNEGARA. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2218039_ZULFIATUN MUZAYYANAH_COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
2218039_ZULFIATUN MUZAYYANAH _FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
Text
2218039_ZULFIATUN MUZAYYANAH_LAMPIRAN_CV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
MI Al Ma’arif Salamerta MI Al-Ma’arif Salamerta adalah lembaga pendidikan di bawah naungan Nahdlatul Ulama yang sangat menekankan pentingnya akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian guru masih kurang efektif dalam mengajarkan bahasa Arab, terutama dalam aspek keterampilan membaca (maharah qira’ah), sehingga siswa sering merasa bosan dan cenderung pasif dalam belajar bahasa Arab. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Arab di MI Al Ma’arif Salamerta adalah dengan penggunaan media kartu CESAR. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu CESAR (Cerdas Aktif Religius) sebagai penunjang mahaarah qira’ah untuk siswa kelas V MI Al-Ma’arif Salamerta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE yang meliputi Analysis, Desain, Development, Implememntation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian terdiri dari satu guru dan 30 siswa kelas V. Hasil observasi menunjukkan bahwa 90% siswa mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami bacaan Bahasa Arab. Sementara hasil angket kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan media visual yang menarik, sederhana, dan mendukung keterampilan membaca bahasa Arab. Kartu CESAR dirancang berdasarkan kebutuhan tersebut dan divalidasi oleh ahli media dan ahli bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media kartu CESAR dinilai sangat baik dengan nilai ratarata 87% dari ahli materi dan 82% dari ahli media. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media kartu CESAR layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran Bahasa Arab di MI. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan kartu CESAR untuk meningkatkan motivasi, pemahaman bacaan, dan karakter Islami siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, kartu CESAR, bahasa Arab, keterampilan membaca | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:39 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |