Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Menggunakan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs Ribatul Muta'allimin

Mauluda, Mohammad Abid (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Menggunakan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs Ribatul Muta'allimin. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118178_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2118178_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

ABSTRAK M. Abid Mauluda. 2025. Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Menggunakan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: M. Syaifuddin, M.Pd. Kurikulum merupakan salah satu variabel terpenting dalam sistem pendidikan nasional. Merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir bagi siswa dan guru. Merdeka belajar mendorong terbentuknya karakter jiwa merdeka di mana guru dan siswa dapat secara leluasa dan menyenangkan mengeksplorasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dari lingkungan. Salah satu model dan metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam agar peserta didik menjadi semangat dan antusias adalah menggunakan model project based learning dengan metode mind mapping. MTs Ribatul Muta’allimin merupakan salah satu madrasah yang pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islamnya sudah menerapkan model dan metode tersebut. Rumusan masalah bagaimana implementasi kurikulum merdeka dengan menggunakan model project based learning pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model project based learning pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VII di MTs Ribatul Muta’allimin? Metode penelitian yang meliputi desain penelitian; pendekatan dan jenis penelitian, fokus penelitian; waktu dan tempat penelitian, terdapat dua sumber data; primer dan sekunder, teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik keabsahan data; triangulasi sumber dan teknik serta teknik analisis data; kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terdapat tiga langkah dalam menerapkan model pembelajaran project based learning yaitu perencanaan, penerapan dan evaluasi. Faktor pendukung ada dua yaitu dari pendidik dan peserta didik, sedangkan faktor penghambat ada dua yaitu kurang kompak antar kelompok dan waktu pembelajaran yang sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Project Based Learning, Kurikulum Merdeka dan Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 01:54
Last Modified: 22 Jul 2025 01:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15402

Actions (login required)

View Item View Item