Hubungan Penguasaan Mufrodat Dengan Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Mts Salafiyah NU Karanganyar Tirto Kabupaten Pekalongan

Hidayah, Rini (2025) Hubungan Penguasaan Mufrodat Dengan Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Mts Salafiyah NU Karanganyar Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalobgan.

[img] Text
rini hidayah_cover_bab 1_bab v.pdf

Download (5MB)
[img] Text
rini hidayah_full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
rini hidayah_ LAMPIRAN_18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Combined.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemahiran membaca teks berbahasa Arab tidak hanya melibatkan aspek fonetik dan sintaksis, tetapi juga pemahaman terhadap makna kata dan konteks penggunaannya. Dalam hal ini, penguasaan mufrodat memainkan peran sentral dalam membantu siswa memahami isi teks secara utuh. Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan adanya hubungan positif antara penguasaan mufrodat dengan kemahiran membaca teks berbahasa Arab. Namun, di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan, masih ditemukan siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dalam memahami teks-teks berbahasa Arab. Berdasarkan observasi awal, beberapa siswa menunjukkan keterbatasan dalam penguasaan mufrodat, yang berdampak pada rendahnya kemampuan mereka dalam memahami isi bacaan. Hal ini menjadi perhatian penting bagi para pendidik dan pihak sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah:1) Sejauh mana tingkat penguasaan mufrodat Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan? 2) Bagaimana kemahiran membaca teks bahasa arab siswa kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan? 3) Seberapa besar signifikansi penguasaan mufrodat dengan kemahiran membaca teks Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan mufrodat Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah NU karanganyar Tirto Pekalongan, Untuk mengetahui kemampuan membaca teks Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan,Untuk mengetahui signifikansi penguasaan mufrodat dengan kemahiran membaca teks Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskripsi Data, uji Normalita uji kolerasi, uji regresi linier dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan mufrodat dengan kemahiran membaca teks bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar (misalnya) r = 0,65, yang termasuk dalam kategori hubungan kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penguasaan mufrodat siswa, maka semakin baik pula kemampuan mereka dalam memahami dan membaca teks bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsbah, FaliqulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: mufrodat, membaca, bahasa Arab, korelasi.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:57
Last Modified: 21 Jul 2025 09:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item View Item