Implementasi Character Building Berbasis Full Day School Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di Sdit Gondang Wonopringgo Pekalongan

Karomasari, Titik Surya (2025) Implementasi Character Building Berbasis Full Day School Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di Sdit Gondang Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321129_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321129_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321129_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik merupakan tujuan utama pendidikan, terutama di tengah maraknya krisis moral di kalangan siswa sekolah dasar. Sebagai upaya menghadapi tantangan tersebut, model pendidikan berbasis full day school menjadi alternatif solusi melalui integrasi program character building dalam kegiatan akademik dan nonakademik. Penelitian ini berfokus di SDIT Gondang Wonopringgo Pekalongan, yang konsisten mengimplementasikan program character building berbasis full day school untuk membentuk akhlak peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi character building berbasis full day school dalam pembentukan akhlak peserta didik di SDIT Gondang Wonopringgo Pekalongan, dan (2) bagaimana dampaknya terhadap pembentukan akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi character building berbasis full day school dalam pembentukan akhlak peserta didik serta mengidentifikasi dampaknya terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SDIT Gondang Wonopringgo Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles, Huberman & Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi character building berbasis full day school dalam pembentukan akhlak peserta didik di SDIT Gondang Wonopringgo dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama, perencanaan dilakukan dengan menetapkan tujuan program, merancang kegiatan yang terintegrasi dalam kurikulum, serta membagi tanggung ix jawab kepada guru. Kedua, pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan akademik yang mengikuti jadwal full day school dan kegiatan nonakademik yang mencakup program FLICB serta pembiasaan budaya 5S, kedisiplinan, amaliyah doa sehari-hari, PHBS, salat Dhuha, Senin Beramal, dan pembiasaan rutin lainnya. Ketiga, evaluasi dilakukan menggunakan jurnal harian, observasi langsung, koordinasi antar guru, serta komunikasi dan umpan balik dari orang tua peserta didik. (2) Dampaknya terhadap pembentukan akhlak peserta didik sangat positif meliputi meningkatnya kemandirian dan kedisiplinan dalam ibadah, terbentuknya sikap hormat dan santun terhadap sesama, serta tumbuhnya kepedulian terhadap kebersihan dan kerapian lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Character Building, Full Day School, Akhlak, Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:04
Last Modified: 22 Jul 2025 04:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15439

Actions (login required)

View Item View Item