Amron, Nur Fauzia (2025) Analisis Kesalahan Membaca Teks Bahasa Arab Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2220040_ Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2220040_Cover_BAB I dan BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2220040_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan membaca setiap mahasiswa berbeda-beda. Kesalahan dalam membaca teks bahasa Arab dapat terjadi pada siapa saja, khususnya mahasiswa pendidikan bahasa Arab. Ketertarikan akan kesalahan terhadap mahasiswa membuat penelitian ini sangat menarik untuk dilakukan guna untuk mengetahui kemampuan membaca teks bahasa Arab di ranah mahasiswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran al-qirā’ah li al-mubtadi`īn di UIN Gusdur Pekalongan dan mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa saat membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer yang dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah al-qirā’ah li al-mubtadi`īn. Kemudian data sekunder diambil dari artikel jurnal, buku atau tesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa semester empat pada mata kuliah al-qirā’ah li al-mubtadi`īn masih belum lancar dalam membaca teks bahasa Arab. Kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain; kesalahan fonologi yaitu ditemukannya penambahan fonem pada beberapa lafadz sehingga kalimat terdengar berbeda dengan teksnya, kesalahan sintaksis (nahwu) yaitu kesalahan i’rab yang belum sesuai dengan kaidahnya, kesalahan morfologi (sharf) terjadi pada saat bertemu dengan kalimat mabni majhul, kesalahan semantik terjadi saat memaknai kalimat mabni majhul. Persiapan dalam pembelajaran al-qirā’ah li al-mubtadi`īn yaitu (a) Membuat Modul Pembelajaran (b) Pengenalan Mata Kuliah (c) Memberitahukan Model Penilaian (d) Pemberian RPS di Awal Pertemuan Perkuliahan (e) Pembentukan Kelompok Tugas. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu sorogan dan bandongan. Evaluasi pembelajaran diambil dari presensi, tugas, UTS dam UAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Keterampilan Membaca, Analisis Kesalahan, Pembelajaran Al-Qira’ah | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Nur Fauzia Amron | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |