“English For Nusantara” Textbook Evaluation: An Insight From Cunningsworth Perspective

Naila, Himmatun (2025) “English For Nusantara” Textbook Evaluation: An Insight From Cunningsworth Perspective. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2518104_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2518104_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
2518104_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum terbaru yang berlaku di Indonesia, kurikulum ini memberikan ruang bagi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar mengajar. Namun, sebagai konsekuensi dari perubahan kurikulum tersebut, maka buku teks yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar juga mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan program dari kurikulum yang berlaku, misalnya, buku “English for Nusantara” yang baru saja dirilis untuk kelas 9 SMP/MTs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana kesesuaian buku teks “English for Nusantara” dengan kriteria evaluasi buku teks yang diusulkan oleh Cunningsworth (2008). Meski sudah banyak yang membahas evaluasi buku teks menggunakan teori dari Cunningsworth, tetapi masih jarang yang membahas dengan sudut pandang penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain evaluasi buku teks. Dokumentasi digunakan dalam teknik pengumpulan data, dan menerapkan analisis konten sebagai teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks tersebut memenuhi kriteria yang disajikan dari evaluasi buku teks menurut Cunningsworth (2008) meski masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dikembangkan lagi, misalnya, kurangnya materi untuk kemampuan berbicara dan materi mengenai cara pengucapan dalam bahasa Inggris. Di samping itu, tim penulis juga perlu memperhatikan instruksi-instruksi agar sesuai dengan latihan yang disajikan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya melakukan evaluasi buku teks untuk memastikan bahwa buku teks sesuai dengan program belajar mengajar. Keywords: Evaluasi buku teks, teori Cunningsworth

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi buku teks, teori Cunningsworth
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:33
Last Modified: 22 Jul 2025 06:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item