Malisa, Nur (2025) Investigating Students’ Experiences In Descriptive Text Writing Using The Wordwall Website : A Study At A Junior High School In Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2520125_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2520125_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2520125_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman siswa kelas VII dalam menulis teks deskriptif dengan menggunakan situs Wordwall di salah satu sekolah menengah pertama di Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan narrative inquiry untuk mengeksplorasi respons emosional dan persepsi belajar siswa terhadap penggunaan Wordwall sebagai media digital dalam pembelajaran menulis. Analisis data mengacu pada teori Appraisal yang dikemukakan oleh Martin dan White (2005), yang mencakup dimensi afektif seperti inclination/disinclination, happiness/unhappiness, security/insecurity, dan satisfaction/dissatisfaction. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan empat siswa dan satu guru Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pengalaman positif selama menggunakan Wordwall. Mereka merasa lebih termotivasi, senang, percaya diri, dan puas dalam proses pembelajaran menulis teks deskriptif melalui permainan interaktif dan aktivitas kolaboratif. Wordwall membantu menyederhanakan tugas menulis yang kompleks serta menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan partisipatif. Meskipun demikian, beberapa tantangan juga ditemukan, terutama kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil dan rasa gugup dalam konteks kegiatan yang bersifat kompetitif. Namun, tidak ditemukan adanya pernyataan yang menunjukkan rasa tidak bahagia selama pembelajaran berlangsung. Kesimpulannya, Wordwall memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kemampuan menulis siswa dengan meningkatkan keterlibatan, mengurangi kecemasan, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik untuk mengintegrasikan media digital secara efektif dalam pembelajaran menulis, serta membuka peluang bagi penelitian lanjutan terkait penggunaan alat pembelajaran berbasis permainan secara lebih luas di kelas. Kata kunci: Wordwall, pengalaman siswa, menulis teks deskriptif, teori appraisal, media digital dalam pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Wordwall, pengalaman siswa, menulis teks deskriptif, teori appraisal, media digital dalam pendidikan | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:10 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |