Pengaruh orientasi kewirausahan, inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing (Studi pada Pengusaha Batik di Kecamatan Wiradesa)

Nafiah, Alfa Ilmiyatun (2020) Pengaruh orientasi kewirausahan, inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing (Studi pada Pengusaha Batik di Kecamatan Wiradesa). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial inovasi produk terhhadap keunggulan bersaing. (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial orientasipasar terhadap keunggulan bersaing. (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pengusaha batik di Kecamatan Wiradesa. Keunggulan bersaing merupakan keuntungan yang diperoleh melalui penerapan strategi bersaing yang bertujuan untuk membangun posisi yang menguntungkan dan berkelanjutan terhadap kekuatan pasar yang menentukan persaingan industri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian menguji hipotesis tentang adanya hubungan antara variabel-variabel (hubungan sebab akibat) persoalan dirumuskan dengan jelas dalam bentuk hipotesis dan percobaan dilakukan untuk menguji hipotesis tersebut. Berdasarkan tabel Morgan, jumlah populasi sebanyak 150 maka jumlah sampel sebanyak 150 pengusaha batik Batik.. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian diperoleh: (1) Orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. (2) Inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pengusaha. (3) Orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. (4) Orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pengusaha batik di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. (5) Keunggulan bersaing pengusaha batik di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan dijelaskan oleh kombinasi variabel orientasi kewirausahaan, invovasi produk dan orientasi pasar sebesar 42,90%, sedangkan sebesar 57,10% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Orientasi Pasar dan Keungulan Bersaing
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:44
Last Modified: 18 Jun 2021 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item