Strategi Pembelajaran Qur’an di SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Qur’an Peserta Didik

Ulum, Miftakul (2025) Strategi Pembelajaran Qur’an di SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Qur’an Peserta Didik. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
5221034 - Bab I dan Bab VII.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5221034 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
5221034 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran membaca Qur’an sangatlah penting bagi umat Islam karena membaca Qur’an merupakan pintu awal untuk memahami pengetahuan Islam, seperti akidah, ibadah, akhlak. Namun, kenyataannya masih banyak yang mengalami kesulitan dalam membaca Qur’an secara lancar dan sesuai dengan kaidah tajwid. Masalah ini mendorong pentingnya strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran memegang peranan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar Qur’an, yang merupakan rencana atau metode terstruktur untuk mencapai tujuan pendidikan. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Qur’an di SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan? (2) Bagaimana kemampuan membaca Qur’an siswa SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan? (3) Bagaimana Strategi pembelajarn yang diterapkan oleh SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan dalam meningkatkan kemampuan membaca Qur’an peserta didik?. Tujuan penelitian adalah: (1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran Qur’an di SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan. (2) Menganalisis kemampuan membaca Qur’an peserta didik SDIT Luqman Al Hakim kota pekalongan. (3) Menganalisis Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh SDIT Luqman Al Hakim Kota Pekalongan dalam meningkatkan kemampuan membaca Qur’an peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Analisis data dengan model analisis data interaktif miles ,huberman dan Saldana. Hasil penelitian (1) Pembelajaran Qur’an di sekolah ini dilaksanakan melalui tiga tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2) Kemampuan siswa dalam kategori baik dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa dengan skor 85, dan sebanyak 96% siswa berhasil menyelesaikan pembelajaran Qur’an dengan baik selama tiga tahun terakhir. (3) Strategi pembelajaran yang diterapkan mencakup integrasi kurikulum, menerapkan metode Al-Hidayah, kualifikasi guru, pemanfaatan media teknologi, program bina prestasi, Evaluasi dan umpan balik, serta kerja sama dengan orang tua. Penerapan strategi tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SDIT Luqman Al Hakim.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Qur’an, Kemampuan Membaca
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:39
Last Modified: 01 Aug 2025 08:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item