Fahmi, Amiq Khoirul (2025) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Di MTs Al Utsmani Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50223016 - Bab I dan Bab VII.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
50223016 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
50223016 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘alamin (P5PPRA) memiliki peran strategis dalam memperkuat pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kebangsaan dan keislaman di madrasah, termasuk di MTs Al Utsmani Kajen Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami bagaimana pelaksanaan proyek ini dilakukan secara kontekstual dan berkelanjutan di lingkungan madrasah, serta berbagai tantangan yang dihadapi dalam prosesnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana implementasi proyek P5PPRA di MTs Al Utsmani Kajen Pekalongan serta problematika dan solusi yang muncul selama pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan proyek P5PPRA secara mendalam, mengevaluasi tantangan yang dihadapi, dan merumuskan solusi yang dapat meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan bersifat studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, guru, siswa, dan stakeholder lainnya. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu, serta dianalisis menggunakan model kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi proyek P5PPRA di MTs Al Utsmani Kajen Pekalongan berjalan sistematis dan berbasis aktivitas kontekstual yang relevan dengan kehidupan siswa. Nilai-nilai Pancasila dan Islam moderat diintegrasikan melalui proyek seperti ecobrick, pameran budaya, dan kampanye anti-perundungan. Namun, masih terdapat kendala seperti pemahaman guru yang terbatas, minimnya pelatihan, dan perubahan kurikulum yang cepat. Solusi yang diterapkan meliputi pelatihan berkelanjutan, penguatan kolaborasi, dan pembelajaran kontekstual. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus lokal di MTs Al Utsmani dan integrasi simultan nilai P5 dan PPRA dalam penguatan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi P5PPRA, Pendidikan Karakter, MTs Al Utsmani Kajen | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:29 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |