Fahmi, Azhar (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH(Studi pada masyarakat Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
5421006 - Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5421006 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
5421006 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
Abstract
Memahami tingkat pengetahuan dan perilaku serta religiusitas konsumen sangat penting bagi pelaku bisnis dan pemasar untuk meningkatkan penjualan produk. Factor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, sehingga memahami pengaruh dari tingkat pengetahuan, perilaku dan religiusitas terhadap keputusan pembelian sangat penting. Selain itu Minat dapat berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat pengaruh pengetahuan konsumen, perilaku konsumen, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian. Kota Pekalongan yang menjadi lokasi penelitian ini merupakan kawasan strategis yang memiliki potensi ekonomi yang besar, sehingga memahami tingkat pengetahuan, perilaku dan religiusitas masyarakat di daerah ini sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor pengetahuan konsumen, perilaku konsumen dan religiusitas mampu mempengaruhi keputusan pembelian pada produk-produk perbankan syariah dengan minat sebagai variabel pemediasi pada masyarakat Kota Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, dimana sampel penelitian yaitu sebanyak 147 responden masyarakat Kota Pekalongan dengan syarat sudah memiliki kecakapan finansial. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dalam bentuk Google forms yang disebar melalui media sosial, seperti Instagram dan Whatsapp. Metode analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS (Structural Equation Modeling- Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS4. Adapun tahapan dalam analisis data meliputi Evaluasi Outer Model (uji validitas dan uji reliabilitas), Evaluasi Model Struktural (R-Square, Q-Square, dan GoF), dan Uji Inner Model. Penelitian ini menemukan bahwa dengan latar belakang religiusitas yang berbeda dari responden semua variable yaitu pengetahuan konsumen, perilaku konsumen dan religiusitas memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat Kota Pekalongan dalam membeli produk-produk perbankan syariah. Minat konsumen mampu memediasi hubungan antara variabel pengetahuan konsumen, perilaku konsumen dan religiusitas secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan konsumen, perilaku konsumen, religiusitas, perbankan syaraiah | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 08:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 08:28 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |