Peran Marketplace di Facebook Terhadap Jual Beli Miniatur Mobil di Pekalongan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Ramzy, Mochammad Faiq (2022) Peran Marketplace di Facebook Terhadap Jual Beli Miniatur Mobil di Pekalongan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117288_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4117288_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
4117288_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Sosial media Facebook sudah menjadi hal yang sangat umum di masyarakat, penggunaan media sosial seperti sudah menjadi bagian dari roda kehidupan di masyarakat, namun Facebook selain berfungsi sebagai media sosial untuk berkomunikasi dan chatting juga dapat berfungsi sebagai media untuk jual beli secara online, pemanfaatan fitur marketplace pada Facebook menjadi hal yang cukup menarik bagi sebagian masyarakat karena mempermudah mereka untuk menjual produk, jasa ataupun lainnya. Dalam hal ini peneliti tertarik dengan salah satu produk yaitu miniature mobil yang ditawarkan oleh marketplace dan bagaimana peran marketplace facebook bagi penjual dan bagaimana menjual miniature mobil sesuai dengan syariat ekonomi syariah Dari latar belakang tersebut maka penelitian ini akan berfokus dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif akan berfokus dengan pendekatan analisis deskriptif, metode penelitian kualititatif memberikan data berdasarkan dengan kondisi lapangan (field research), serta memperhatikan aspek yang akan menjadi bahan penelitian dan apakah aspek tersebut layak untuk diteliti dan kondisi lapangan yang berkaitan dengan penelitian, dengan pengamatan langsung dan melakukan wawancara dengan narasumber mengenai keterkaitan dengan penelitian akan memberikan data penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian tersebut adalah marketplace Facebook memiliki peran sebagai pembantu bagi penjual dalam berbisnis jual beli miniature mobil tersebut, marketplace facebook. Fitur iklan dalam marketplace facebook membantu bagi penjual untuk memasarkan produk miniature mobil dan dengan adanya marketplace tersebut facebook juga akan mengarahkan konsumen kedalam suatu forum jual beli miniature mobil tersebut sehingga memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak dari penjual mampu mendapatkan konsumen sesuai dengan target produk barang tersebut ditujukan dan bagi pembeli mempermudah untuk mencari produk miniature mobil yang sesuai dengan keinginan. Dari segi perspektif ekonomi Islam jual beli miniature mobil secara hukum Islam diperbolehkan berdasarkan ketentuan hukum Islam mengenai barang yang diperjual-belikan tidak memunculkan hal-hal yang dilarang dalam prinsip ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholihah, Ria AnisatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internet, Marketplace, sosial media facebook, jual beli online, prinsip ekonomi syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 05 Aug 2025 07:55
Last Modified: 05 Aug 2025 07:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item