Strategi Pemasaran Manggis Di Desa Domiyang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Superiyadi, Wisnu (2022) Strategi Pemasaran Manggis Di Desa Domiyang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013115467_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013115467_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2013115467_Lampiran.pdf

Download (334kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembatasan kegiatan oleh pemerintah membuat aktivitas perdagangan yang biasanya langsung di pasar-pasar menjadi berubah. Pembatasan jam di pasar membuat para pedagang mengeluh karena tentu saja buah manggis yang diperdagangkan menjadi tidak selaris saat sebelum pandemi. Strategi pemasaran diperlukan oleh warga Desa Domiyang Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan yang mayoritas sebagai petani salah satunya ialah petani buah manggis. Jenis penelitian ini adalah penelitian (field research) penelitian ini digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi atau penelitian lapangan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) strategi pemasaran yang diterapkan oleh para petani buah manggis adalah dengan menerapkan marketing mix yaitu seperti product, price, place, dan promotion; dan 2) menurut perspektif ekonomi syariah implementasi pemasaran buah manggis belum sepenuhnya mengimlementasikan konsep pemasaran secara syariah, seperti bertindak jujur dan benar dalam setiap melakukan kegiatan pemasaran, selalu menekankan pada etika dalam berbisnis, tidak melakukan curang, tidak menjual produk yang diharamkan oleh agama, tidak mengurangi timbangan dan ukuran dalam mendistribusikan produknya, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya, penuh keikhlasan dalam melayani konsumennya dengan lemah lembut, serta tidak membedakan antara konsumen satu dengan konsumen yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasrur, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: strategi pemasaran, buah manggis, perspektif ekonomi syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:37
Last Modified: 06 Aug 2025 02:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item