Strategi Pemasaran Cafe Fafa Delivery Pekalongan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah

Romzul Huda, Muhammad (2022) Strategi Pemasaran Cafe Fafa Delivery Pekalongan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013115189_Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2013115189_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2013115189_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bisnis kuliner F&B (Food and Baverage) memang salah satu sektor usaha yang mendukung di era mileniel saat ini, namun mewabahnya Covid-19 membawa dampak krusial hampir di seluruh penjuru dunia. Melemahnya perekonomian akibat dampak pandemi di Indonesia terutama di Jawa Tengah mengalami penurunan perekonomian yang sangat drastis. Berbagai Inovasi dan strategi digunakan para produsen agar dapat bertahan pada masa pandemi covid-19, karena dengan adanya aturan PSBB meningkatnya penularan covid-19 membuat masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah sehingga dalam hal ini layanan pesan antar semakin diminati oleh konsumen. Penelitian merupakan cara yang digunakan dalam mengembangkan sebuah standar atau pengetahuan yang telah ada. Melalui penelitian, variabel dapat dimodifikasi agar mengembangkan pengetahuan yang telah ada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Dalam proses analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif yang difungsikan menggambarkan dan menjabarkan secara jelas mengenai tema/judul penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Data hasil analisis tidak menggunakan angkaangka, tetapi dideskripsikan berdasarkan data hasil wawancara dan observasi yang diyakini kevalidannya Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa pada tahun 2022 terjadi peningkatan penjualan senilai Rp.249.600.000 atau kenaikan presentase 63%/ bulannya dari omzet sebelumnya di tahun 2021. Proses pengolahan produk dibuat dengan bahan baku pilihan dan harga ditetapkan melalui kalkulasi perhitungan yang sudah dhitung dengan mempertimbangkan pengeluaran. Tempat menjadi aspek pendukung dalam memberikan kenyamana terhadap konsumen, promosi diperlukan untuk memperkenalkan produk-produk Cafe Fafa Delivery. Tinjauan ekonomi syariah terhadap produk dilihat dari cangkupan proses penyediaan bahan baku, pengemasan, pendistribusian, penjualan dan penyajian produk. Harga ditetapkan dengan mempertimbangkan kepentingan pihak yang terlibat di pasar (pesaing dan konsumen) agar harga dapat disesuaikan. Tempat Cafe Fafa Delivery memberikan pendukung agar pengunjung mendapatkan kenyamanan. Promosi di tujukan guna memberikan gambaran tentang produk-produk yang dijual secara transparan sebagai dasar nilai ekonomi islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasrur, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, volume penjualan, dan Perspektif Ekonomi Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:17
Last Modified: 06 Aug 2025 03:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item View Item