Analisis pengaruh lifestyle, program flash sale, dan diskon terhadap perilaku konsumtif pada situs belanja online dengan gender sebagai variabel moderasi (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Buaran)

Latif, Muna (2023) Analisis pengaruh lifestyle, program flash sale, dan diskon terhadap perilaku konsumtif pada situs belanja online dengan gender sebagai variabel moderasi (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Buaran). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118144 - Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4118144 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4118144 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lifestyle, program flash sale, dan diskon terhadap perilaku konsumtif pada situs belanja online dengan gender sebagai variabel moderasi (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Buaran) Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 97 responden yakni konsumen muslim pengguna aplikasi Shopee di Kecamatan Buaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku konsumtif dengan sig. (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (3,824 >1,986). (2) program flash sale tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif dengan Sig. (0,310 > 0,05) dan nilai thitung < ttabel (1,022 < 1,986). (3) diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan Sig. (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (4,313 > 1,986). (4) gender tidak memoderasi pengaruh Lifestyle terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung < ttabel (-0,297 < 1,986). (5) gender tidak memoderasi pengaruh program flash sale terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung < ttabel (-0,988 < 1,986). (6) gender tidak memoderasi pengaruh diskon terhadap perilaku konsumtif dengan nilai thitung < ttabel (1,458 < 1,986).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRusyida, Wilda YuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lifestyle, program flash sale, diskon, perilaku konsumtif, dan gender
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Hasan Hasanudin
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:50
Last Modified: 21 Aug 2025 04:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item