Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Industri Umkm Di Kabupaten Batang

Mahendra Yusril, Ihza (2022) Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Industri Umkm Di Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118110_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4118110_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
4118110_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Industri UMKM yang berkembang pada saat ini mereka bersaing melakukan strategi untuk meningkatkan penjualanya, dari itu industri UMKM harus mempertahankan penjualan yang tepat dan teliti untuk mempertahankan eksistensinya dalam dunia UMKM karena hal ini berdampak pada peningkatan penjualan, penjualan akan meningkat jika kejelasan produk, kualitas produk, serta harga yang sesuai. Para UMKM harus melihat perkembangan pasar untuk meningkatkan penjualanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pengaruh sertifikasi halal, harga, dan kualitas produk tehadap peningkatan penjualan pada industry UMKM di kabupaten Batang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin dan didapat sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling yaitu teknik pengambilan Sample yang tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur atau aggota populasi yang dipilih menjadi sample.. . dengan menggunakan random sampling adalah pengambialn anggota secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Sertifikasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan dengan hasil uji t (parsial) dengan nilai signifikansinya sebesar 0,010 < 0,05 dan thitung (2,614) > ttabel (1,98498). secara parsial Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan dengan hasil uji t (parsial) dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung (3,632) > ttabel (1,98498). Secara parsial Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan dengan hasil uji t (parsial) dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung (8,611) > ttabe l (1,98498). Sedangkan secara simultan variabel Sertifikasi Halal, Harga dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan. Hal ini sesuai dengan hasil uji F bahwa Fhitung (243,970) > Ftabel (2,70) dan nilai signifikansi (0,000) < 0,05. Kata Kunci : Sertifkasi Halal, Harga, Kualitas Produk dan Peningkatan Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHermawan Adinugraha, HendriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sertifkasi Halal, Harga, Kualitas Produk dan Peningkatan Penjualan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Qodariyah Siti Nurlaelatul
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:32
Last Modified: 19 Aug 2025 08:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item