Fajri Mubarok, Nur (2022) Pengaruh Lokasi Usaha, Keberagaman Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Di Pasar Darurat Banjarsari Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
![]() |
Text
2013116305_Bab1&5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2013116305_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2013116305_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sifat khas pasar tradisional memiliki fungsi penting yang keberadaannya tidak pernah bisa tergantikan oleh pasar modern. Pasar tradisional menjadi tumpuan bagi UMKM di sekitarnya sebagai salah satu sektor yang memiliki dampak ekonomi yang besar. Pasar tradisional memengaruhi bagaimana suatu area dengan fungsi sosial sebagai ruang bertemunya pembeli dan penjual dalam menjalin interaksi dan bertukar informasi. Identifikasi pada kajian penelitian di antaranya, pertama, omzet penjualan mengalami penurunan, kedua, sulitnya jangkauan bagi konsumen dalam melakukan perbelanjaan karena tata ruang yang dinilai kurang mendukung, ketiga, berkurangnya pedagang yang berpindah pasar karena kurangnya minat menempati area relokasi. Berdasarkan permasalahan yang didapat dalam observasi penulis serta adanya inkosisten dari penelitian terdahulu, maka penulis ingin memahami lebih mendalam adanya masalah yang terkait dalam minat beli konsumen Jenis yang yang digunakan melalui case study research (penelitian studi kasus), dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian penulis menggunakan populasi parameter, berdasarkan populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Pasar Darurat Banjarsari Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu dengan teknik non probability sampling jenis Accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama lokasi usaha, keberagaman produk, dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen di Pasar Darurat Banjarsari Kota Pekalongan. Variabel lokasi usaha, keberagaman produk dan kualitas produk memiliki kontribusi sebesar 26,9% dalam menerangkan variabel minat beli konsumen. Kata Kunci : Lokasi Usaha, Keberagaman Produk, Kualitas Produk Dan Minat Beli Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lokasi Usaha, Keberagaman Produk, Kualitas Produk Dan Minat Beli Konsumen. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Qodariyah Siti Nurlaelatul | ||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:29 | ||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |