Pengaruh promosi, reputasi dan prosedur terhadap minat nasabah umkm pada pembiayaan ijarah muntahiyyah bittamlik di kjks bmt ankasa Kedungwuni kabupaten Pekalongan tahun 2018

Rosana, Aini (2020) Pengaruh promosi, reputasi dan prosedur terhadap minat nasabah umkm pada pembiayaan ijarah muntahiyyah bittamlik di kjks bmt ankasa Kedungwuni kabupaten Pekalongan tahun 2018. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Di Indonesia, Usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah maupun perekonomian nasional dimasa yang akan datang. Perkembangan dan pengajuan UMKM sangat ditentukan oleh stakeholder UMKM itu sendiri, tetapi dukungan dari pihak eksternal berperan penting karena adanya keterbatasan kapasitas kemampuan dan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap eksistensi dan keberlangsungan usahanya. UMKM untuk mengembangkan dan menumbuhkan bisnisnya yaitu berasal dari tidak adanya modal yang memadai. Hal ini dikarenakan UMKM memerlukan pendanaan modal yang dapat diperoleh dari pembiayaan pada bank atau lembaga keuangan bukan bank. Seiring dengan meningkatnya jumlah UMKM di Pekalongan, sebuah koperasi harus mampu memiliki kredibilitas yang baik agar mampu bersaing, merencanakan strategi komunikasi pemasaran (promosi) yang mampu meningkatkan nilai nasabah serta prosedur yang mudah dipahami oleh kalangan UMKM dan mencapai keberhasilan. Penelitian ini merupakan correlation research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi nasabah UMKM pembiayaan Ijarah Muntahiyyah Bittamlik 67 nasabah, Jumlah sampel 40 nasabah diambil dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji variabel promosi t hitung 0,385 < t tabel 2,02809, hasil ini menunjukkan bahwa variable promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah. Hasil uji t variable reputasi t hitung 2,694 > t tabel 2,02809, hasil ini menunjukkan reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah. Hasil uji t prosedur t hitung 2,907 > t tabel 1,98397, hasil ini menunjukkan prosedur berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah. Hasil uji F hitung dilihat F hitung 7,933 > F tabel 2,87 dan nilai sig 0,000 < 0,05 dan maka secara simultan variable independen yaitu Promosi (X1), Reputasi (X2) dan Prosedur (X3) berpengaruh signifikan terhadap variable dependen yaitu Minat Nasabah. Variabel Promosi, Reputasi Dan Prosedur secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Nasabah sebesar 50,7%, dan sisanya 49,3% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiawan, DrajatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi, Reputasi, Prosedur, UMKM, Minat Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:56
Last Modified: 21 Jun 2021 06:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item