PENGARUH INOVASI PRODUK, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Konsumen Muslim Batik Nilda Mas Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan)

Akmalia, Vina (2023) PENGARUH INOVASI PRODUK, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Konsumen Muslim Batik Nilda Mas Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118133_Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4118133_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
4118133_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebagai kota kreatif dunia saat ini, Pekalongan merupakan pusat industri batik yang paling terkenal di Indonesia yang membuat batik menjadi keseharian masyarakat Pekalongan. Dengan banyaknya toko batik di Pekalongan, maka pengusaha industri batik harus mampu memperhatikan strategi pemasarannya. Dalam melaksanakan pemasaran yang baik, produsen harus mengetahui dahulu apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga produk yang ditawarkan akan sesuai dengan permintaan konsumen. Salah satu industri batik yang ada di Pekalongan yaitu Batik Nilda Mas yang beralamatkan di Banyurip Alit Gang 3C No. 92, Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inovasi produk, brand image, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian oleh konsumen muslim Batik Nilda Mas Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan konsumen muslim Batik Nilda Mas Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Wibisono. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel inovasi produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan variabel inovasi produk, brand image, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorStiawan, DrajatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFikri, Muhammad KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Brand Image, Kualitas Pelayanan, Dan Keputusan Pembelian.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:54
Last Modified: 20 Oct 2025 04:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15829

Actions (login required)

View Item View Item