Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Pada Materi Polinomial Di SMA N 1 Paninggaran

Setiawan, Arif (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Pada Materi Polinomial Di SMA N 1 Paninggaran. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621050_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (829kB)
[img] Text
2621050_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2621050_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan karena konsep matematika yang sulit untuk dipahami dan juga memiliki keterkaitan dengan faktor lain, salah satunya yaitu kurangnya fariyasi pengunaan model pembelajaran sehingga dapat menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pengunaan teknologi yang cendrung masih di abaykan juga dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan siswa cendrung pasif dan kurang aktif dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar yang di peroleh. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran berbasis teknologi agar mendorong siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan membuat proses pembelajaran lebih interaktif. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan quizizz, dengan model ini siswa di sursuh aktif dalam memecahkan permasalahan secara berkelompok dengan mengunakan quizizz agar pembelajaran menjadi lebih interaktif dan fleksibel. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana hasil be.lajar siswa ke.las XI de.ngan me.ngunakan mode.l pe.mbe.lajaran koope.ratif tipe. STAD Berbantuan Quizizz di SMA N 1 Paninggaran? 2). Apakah terbukti e.fe.ktif mengunakan mode.l pe.mbe.lajaran koope.ratif tipe. STAD Berbantuan Quizizz terhadap hasil be.lajar mate.matika siswa ke.las XI SMA N 1 Paninggaran? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 72 siswa. Dimana 36 siswa kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa. model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan quizizz dapat mengatasi rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai perites dan posttest dikelas eksperimen dengan nilai rata-rata 36,94 menjadi 78.89. Selain itu analisis uji independent sample t-test menunjukkan nilai t_hitung = 2,124 > t_tabel = 1.667 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,037 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Mode.l pe.mbe.lajaran Koope.ratif tipe. Stude.nt Te.am Achie.ve.me.nt Division (STAD) Berbantuan Quizizz te.rbukti e.fe.ktif terhadap hasil be.lajar matematika siswa. Dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar matematika akhir pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah Ghany199004 12 202321 2 051-
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Kooperatif, STAD, Quizizz, Hasil Belajar.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Nov 2025 02:47
Last Modified: 04 Nov 2025 02:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item