Kemampuan Keterampilan Membaca Dan Menulis Melalui Media Puzzle Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Mi Ma’arif Nu Terpadu Rowosari

Riskianatul, Mufidah (2025) Kemampuan Keterampilan Membaca Dan Menulis Melalui Media Puzzle Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Mi Ma’arif Nu Terpadu Rowosari. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319043_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2319043_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2319043_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa field research (penelitian lapangan), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini adalah Guru kelas 1 dan peserta didik kelas 1 atau sumber data sekunder lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Keabsahan data diambil dari triangulasi yaitu 1) Triangulasi sumber, 2) Triangulasi teknik dan 3) Triangulasi waktu. Oleh karena itu, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga langkah utama yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi media puzzle dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 MI Ma’arif NU Terpadu Rowosari dilakukan melalui tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (2) Penggunaan media puzzle berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah yaitu pada peningkatan keterampilan membaca dan menulis. Hasil pra–tes dan pasca–tes membaca serta menulis menunjukkan peningkatan yang signifikan (3) Media puzzle ini tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa, tetapi juga menumbuhkan kerja sama, rasa percaya diri, dan semangat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media puzzle, keterampilan membaca, keterampilan menulis, pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Nov 2025 02:55
Last Modified: 05 Nov 2025 02:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15980

Actions (login required)

View Item View Item