Maghfiroh, Diah Ayu Liana (2025) Kreativitas Guru dalam menciptakan Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif di Kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2220007_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (865kB) |
|
|
Text
2220007_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2220007_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kreativitas Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif di Kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, inovatif, dan efektif agar mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kreativitas guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan suasana pembelajaran bahasa Arab yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menciptakan suasana pembelajaran bahasa Arab yang efektif di kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif di kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas XI di MAN 1 Kota Pekalongan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Arab menunjukkan kreativitas tinggi dalam berbagai aspek, meliputi: pengembangan media pembelajaran (seperti penggunaan video pembelajaran, presentasi PPT, dan aplikasi Quizizz), pengembangan materi kontekstual, inovasi metode pembelajaran (diskusi kelompok, role play, dan project-based learning), serta pengelolaan kelas dan pemberian motivasi belajar yang humanis. Faktor pendukung utama meliputi ketersediaan fasilitas sekolah yang memadai, motivasi guru, serta partisipasi aktif siswa. Sementara itu, faktor penghambatnya antara lain keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan kemampuan siswa, serta keterbatasan akses teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas guru memiliki pengaruh besar terhadap terciptanya pembelajaran bahasa Arab yang efektif. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus mengembangkan inovasi pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih interaktif dan bermakna bagi peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kreativitas guru, Pembelajaran efektif, Bahasa Arab, Motivasi belajar, Media pembelajaran | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:37 | ||||||||
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:37 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/15996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
