Penerapan metode Silent Way dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyyah Al-Ichsan Karangasem Utara Batang

Irawati, Putri (2019) Penerapan metode Silent Way dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyyah Al-Ichsan Karangasem Utara Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penerapan metode silent way yang dilakukan dimadrasah Al-Ichsan Karangasem Utara Batang merupakan penerapan metode yang baru yang dilaksanakandi Madrasah Al-Ichsan. Untuk meenunjang pembelajaran mufradat berbahasa Arab. Penguasaan mufradat yang dirasa kurang membuat guru bahasa Arab melakukan pembaharuan dalam metode pembelajarannya. Metode silent way merupakan metode pengajaran bahasa yang ditemukan oleh Galeb Gattegno, seorang ahli pengajar bahasa yang merasa bahwa pembelajaran bahasa membutuhkan metode pembaharuan. Konsep metode silent way adalah membuat peserta didik merasa nyaman dan fokus secara optimal dalam pembelajaran. Metode silent way atau metode guru diam merupakan metode cerdas dari seorang pendidik yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalahnya sebagai berikut, yaitu: Bagaimana pelaksanaan metode silent way di Madrasah Al-Ichsan Karangasem Utara Batang?Apa saja kelebihan dan kekurangan metode silent way dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa di Madrasah Al-Ichsan Karangasem Utara Batang? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk menngetahuipelaksaan metode silent way dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Al-Ichsan Karangasem Utara Batang, dan Untuk menngetahui apa saja kelebihan dan kekurangan metode silent way dalam meningkatkan Penguasaan Mufradat siswa Madrasah Al-Ichsan Karangasem Utara Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Dalam analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis deskriptif dimana data tersebut tidak berupa angka tetapi berupa informasi uraian dalam bentuk bahasa/atribut-atribut yang sesuai dengan keadaan nyata dan yang sebenarnya. Pelaksanaan metode silent way mempunyai tujuan untuk melatih tingkat penguasaanmufradat siswa agar siswa terbiasa dan fasih juga terampil mengetahui makna mufradatdalam bahasa Arab. Adapun evaluasi dalam strategi perencanaan terdapat beberapa macam penilaian diantaranya penilaian sikap (observasi) dan penilaian performasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metodesilent waydi Madrasah Al-Ichsan Batang berjalan efektif dan cukup efesien, banyak siswa yang semangat dan antusias pada saat pembelajaran mufradat bahasa Arab. Adapun kelebihan dan kekurangan metode silent way dalam meningktakan penguasaan mufradat siswa, tidak jauh berbeda dengan apa yang disebutkan dalam teori. Kekurangan dalam setiap metode pembelajaran dapat dijadikan acuan guru untuk pembelajaran selanjutnya supaya lebih baik lagi. Adanya metode ini, siswa merasa tidak jenuh dalam menerima pelajaran di kelas. Hal ini terbukti dari sebagian besar siswa lebih berperan aktif dan semangat dalam proses pembelajaran, sehingga mampu mengurangi kebosanan siswa serta mempermudah dalam memahami mufradat-mufradat dalam bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuna, Arif ChasanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Silent Way, Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sultan Mubarok
Date Deposited: 28 Apr 2020 22:50
Last Modified: 28 Apr 2020 22:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item