Dewi, Silviana (2023) Pengaruh halal awareness dan islamic branding terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan berlabel halal dengan sikap konsumen sebagai variabel intervening (Studi pada mahasiswa FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan angkatan 2019-2020). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4119038_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
4119038_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
|
Text
4119038_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Industri makanan halal menjadi semakin aktif di negara ini. Di Indonesia, pertumbuhan konsumsi makanan halal yang sangat tinggi didorong oleh berbagai faktor, seperti keinginan konsumen muslim mengonsumsi bahan-bahan makanan secara halal dan baik (thayyib) sesuai perintah agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Halal Awareness (kesadaran halal), Islamic Branding terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan mie instan merek indomie melalui sikap sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Gusdur Pekalongan angkatan 2019-2020. Populasi pada penelitian ini berjumlah 973. Sampel yang diambil sebanyak 91 responden dengan rumus slovin dengan taraf signifikansi 10%. Pengujian dilakukan menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk gform. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Halal Awareness (kesadaran halal) berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen. Variabel Islamic Branding juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen. Sedesngkan Halal Awareness (kesadaran halal) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Islamic Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel Halal Awareness (kesadaran halal) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen sebagai variabel intervening sedangkan variabel Islamic Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui sikap konsumen sebagai variabel intervening.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Halal Awareness, Islamic Branding, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
| Date Deposited: | 09 Nov 2025 02:14 | ||||||||
| Last Modified: | 09 Nov 2025 02:14 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
