Lutfi, M.Iqrom (2025) Peran UKM Literasi Pendidikan Dalam Membentuk Resiliensi Akademik Mahasiswa Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2121297_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2121297_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2121297_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang masih kurang semangat dalam menjalani tugas perkuliahan baik itu berupa mengerjakan tugas penilaian semester juga tugas dalam membuat makalah, ppt, dan presentasi. Hal tersebut merupakah tanda kurangnya sikap resiliensi akademik, faktor yang menyebabkan hal itu karena mahasiswa merasa cemas berlebihan dan enggan dalam meluangkap waktu untuk membaca dan memahami. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana Peran UKM Bidang Literasi dalam Membentuk Resiliensi Akademik Mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Bagaimana hambatan dan solusi dalam membentuk resiliensi akademik mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas peran UKM Literasi dalam Membentuk Resiliensi Akademik Mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dan mengetaui apa saja hambatan dan solusi dalam membentuk resiliensi akademik mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dari hasil wawancara dengan pengurus UKM Literasi Pendidikan, mahasiswa FTIK, dan dosen. Data sekunder dari penelitian ini berasal dari buku dan artikel jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik kebsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis datanya melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM Literasi Pendidikan mampu memberikan peran dalam membentuk resiliensi akademik. Peran ini terwujudkan dalam empat bentuk peran yaitu wadah dukungan sosial dan emosional, penyedia dukungan instrumental, sarana peningkatan kompetensi dan keterampilan kepenulisan, dan pendorong peningkatan motivasi dan kepercayaan diri. Hambatan dan solusi mahasiswa dalam membentuk resiliensi akademik: (1) Hambatan: waktu dan sarana yang terbatas, kurangnya percaya diri, kurangnya motivasi, lingkungan yang kurang mendukung, dan kurang tertangkapnya materi perkuliahan (2) Solusi: manajemen waktu, memberikan afirmasi positif, mencari lingkungan pertemanan yang positif, dan melaksanakan aturan dan ketentuan yang diberikan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Resiliensi Akademik, Mahasiswa | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:41 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:41 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
