Zulfa, Devi Habibah Umi (2025) Implementasi Metode Small Group Discussion Pada Pembelajaran Maharah Al-Qira’ah di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2221100_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (946kB) |
|
|
Text
2221100_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2221100_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena banyaknya siswa yang masih kesulitan memahami kemampuan membaca, hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran sebelumnnya yang cenderung monoton. Khususnya penggunaan metode ceramah yang berlebihan, menyebabkan kurangnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi maharah qira’ah. Siswa cenderung pasif dalam menyerap materi pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi metode small group discussion dalam pembelajaran maharah al-qira’ah di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan serta kelebihan dan kekurangan metode small group discussion dalam pembelajaran maharah al-qira’ah di MTs Syarif Hidayah Doro Kabupaten Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses penerapan metode small group discussion dan untuk mengidentifikasi kelebihan serta kekurangan metode ini dalam pembelajaran maharah al-qira’ah di MTs Syarif Hidayah Doro, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data utama berasal dari guru pengampu bahasa Arab dan siswa kelas VIII, sementara sumber data pendukung diperoleh dari literatur berupa buku dan jurnal yang relevan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran maharah qira’ah dengan metode small group discussion di MTs Syarif Hidayah Doro, Kabupaten Pekalongan, menghasilkan hasil optimal bagi siswa. Hal ini terlihat dari nilai siswa kelas VIII yang telah mencapai standar kelulusan. Langkah-langkah pembelajarannya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode ini memiliki kelebihan, yaitu melatih siswa bermusyawarah, memperoleh pengetahuan melalui diskusi, dan menghargai pendapat orang lain. Namun, kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama dan siswa masih kesulitan menyampaikan ide secara ilmiah atau sistematis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode Small Group Discussion, Pembelajaran Maharah Al-Qira’ah | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 01:17 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 01:17 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
