Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Bangun Datar Bernuansa Etnomatematika Berdasarkan Tahapan Krulik dan Rudnick

Dewi, Anggraeni Maha (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Bangun Datar Bernuansa Etnomatematika Berdasarkan Tahapan Krulik dan Rudnick. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621030_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621030_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2621030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Salafiyah Wiradesa belum optimal, sehingga diperlukan pendekatan etnomatematika yang mengaitkan matematika dengan budaya lokal untuk meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan nilai profil pelajar Pancasila. Penelitian bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan pemecahan masalah soal bangun datar bernuansa etnomatematika berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick, (2) menganalisis faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah soal bangun datar bernuansa etnomatematika berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sampel 29 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Sedangkan analisis data, meliputi tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah soal bangun datar bernuansa etnomatematika berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick bervariasi: siswa tingkat tinggi berhasil di semua tahapan Krulik dan Rudnick, siswa tingkat sedang kurang mampu dalam merefleksikan dan mengembangkan, sementara siswa tingkat rendah kurang mampu dalam memilih strategi, menemukan jawaban, serta merefleksikan dan mengembangkan. (2) faktor pengalaman awal, keinginan dan motivasi, dan struktur masalah budaya efektif meningkatkan pemahaman siswa, tetapi keberhasilan akhir masih dipengaruhi oleh latar belakang matematika. Penelitian ini menyarankan guru mempertahankan etnomatematika sambil memperkuat konsep dasar, serta mendorong siswa memantapkan fondasi dan meninjau ulang jawaban secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun Datar, Etnomatematika, Tahapan Krulik dan Rudnick
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:15
Last Modified: 12 Nov 2025 03:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item