Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Wiradesa)

Haya, Aina Fathia (2025) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Wiradesa). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121129_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (976kB)
[img] Text
4121129_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4121129_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga produk, dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagi variabel intervening. Studi ini dilakukan pada Rocket Chicken Cabang Wiradesa. Latar belakang ini didasarkan pada peningkatan persaingan usaha kuliner yang menuntut setiap perusahaan untuk memperhatikan kualitas produk, harga yang sesuai, serta jaminan kehalalan produk agar mampu meningkatnya kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang merupakan konsumen Rocket Chicken Cabang Wiradesa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan bantuan progam SPSS26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga produk, dan labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung kualitas produk sebesar 15,217 > t tabel 1,985 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; t hitung harga produk sebesar -10,832 > 1,985 dengan signifikansi 0,000 < 0,05; serta t hitung labelisasi halal sebesar -3,064 > 1,985 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, kualitas produk, harga produk, dan labelisasi halal juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 3,186; 2,137; dan 3,681, dengan tingkat signifikansi di bawah 0,05. Sementara itu, kepercayaan konsumen juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,001 > 1,985 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Namun, hasil analisis jalur menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen tidak mampu memediasi pengaruh kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian, karena nilai pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung (1,276 > 0,592 dan -0,407 > -0,334). Sebaliknya, kepercayaan konsumen dapat memediasi pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian, karena nilai pengaruh tidak langsung lebih besar daripada pengaruh langsung (-0,107 > -0,042). Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menegaskan bahwa kualitas produk, harga produk, dan labelisasi halal merupakan faktor penting dalam membentuk kepercayaan konsumen serta memengaruhi keputusan pembelian. Kepercayaan konsumen terbukti menjadi variabel yang mampu menjembatani pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian, namun belum dapat berperan sebagai mediator pada hubungan antara kualitas produk dan harga produk dengan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRusyida, Wilda YuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga Produk, Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Konsumen
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:24
Last Modified: 12 Nov 2025 08:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16198

Actions (login required)

View Item View Item