Amelia, Eka (2025) Implementasi Metode Card Sort Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV Di MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321019_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (954kB) |
|
|
Text
2321019_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
2321019_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang berkaitan dengan penguasaan kosakata merupakan salah satu elemen penting dalam pembelajaran bahasa yang perlu dikuasai oleh siswa di sekolah dasar. Penguasaan kosakata menjadi aspek utama dalam pembelajaran bahasa Inggris karena melalui penguasaan kosakata yang baik, siswa dapat memahami dan menggunakan bahasa Inggris secara lebih efektif dalam kegiatan belajar sehari-hari. Hal ini seperti yang terjadi pada siswa kelas IV di MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan yang telah menunjukkan tingkat penguasaan kosaakta yang cukup baik, namun begitu guru terus berupaya menjaga dan meningkatkan kemampuan tersebut melalui penerapan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Salah satu metode yang diterapkan adalah metode Card Sort, yaitu metode pembelajaran aktif yang mengajak siswa mengelompokkan dan mencockkan kartu berisi kata atau gambar sesuai dengan materi pelajaran. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode Card Sort dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV di MI YMI Wonopringgo 01 Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana implementasi metode Card Sort dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris serta faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data utama kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Card Sort dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, siswa terlihat aktif dan antusias dalam mencocokkan kartu kata dengan gambar atau artinya. Faktor pendukung penerapan metode ini meliputi kreativitas guru, antusiasme siswa, dan tersedianya media pembelajaran yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan waktu dan jumlah media yang belum mencukupi. Secara keseluruhan, metode Card Sort terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris serta menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan bermakna.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Metode Card Sort, Penguasaan Kosakata, Sekolah Dasar | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:38 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 01:38 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
