Adqiyah, Indah Ani (2025) Exploring Peer Feedback In Students' Writing Experiences With tandem : A Narrative Study. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2521021_BAB I & V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2521021_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2521021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Keterbatasan kosa kata, rendahnya motivasi, dan kurangnya kesempatan praktik menulis merupakan tantangan utama yang dihadapi pelajar Indonesia dalam mengembangkan keterampilan menulis bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengalaman siswa menggunakan aplikasi tandem dapat memfasilitasi keterampilan menulis siswa melalui interaksi peer feedback real-time dengan penutur asli. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naratif. Tiga partisipan dari universitas Islam di Pekalongan, Jawa Tengah, terlibat dalam wawancara semi-terstruktur untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan menggunakan analisis tematik enam tahap Braun dan Clarke (2006) serta pengecekan anggota untuk memastikan keandalan temuan. Kerangka konsep yang digunakan mengacu pada siklus belajar empat tahap Kolb’s (2014), meliputi pengalaman konkret, observasi-refleksi, konseptualisasi abstrak, dan eksperimentasi aktif. Temuannya Adalah selama penggunaan Tandem aplikasi untuk keterampilan menulis, siswa merasa terbantu dan merasa senang dengan penggunaan aplikasi tersebut, namun beberapa siswa memiliki kendala antara lain tidak menguasai kosakata dan masih terkendala tata Bahasa Ketika menulis. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Tandem dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis bahasa Inggris siswa melalui interaksi umpan balik sebaya secara real-time dengan penutur asli, sehingga aplikasi ini dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk praktik menulis interaktif dan perbaikan kosakata serta tata bahasa secara langsung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Pengalaman Belajar, Studi Naratif Kualitatif, Umpan Balik Sebaya | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 06:56 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 06:56 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
