Nurjanah, Nurjanah (2025) Pengembangan Modul Ajar Think Talk Write Untuk Meningkatkan Berpikirkritis Siswa Pada Materi Adab Menggunakan Media Sosial Di Sma Nu Hasyim Asy’ari Tarub. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_NURJANAH_2120195.pdf Download (10MB) |
|
|
Text
FULL TEXT_NURJANAH_2120195.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
|
|
Text
20.LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurjanah. 2025. “Pengembangan Modul Ajar Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Adab Menggunakan Media Sosial di SMA NU Hasyim Asy’ari Tarub.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Mokh. Imron Rosyadi, M.Pd. Kata Kunci: Think Talk Write, Modul Ajar, Berpikir Kritis, Adab Bermedia Sosial, R&D Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA NU Hasyim Asy’ari Tarub masih didominasi metode ceramah sehingga menyebabkan rendahnya partisipasi aktif siswa dan belum optimalnya kemampuan berpikir kritis, khususnya dalam memahami penerapan adab bermedia sosial sesuai nilai-nilai Islam. Kondisi tersebut tampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, serta mengevaluasi informasi digital yang mereka temui dalam keseharian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan modul ajar berbasis Think Talk Write pada materi adab menggunakan media sosial serta bagaimana tingkat kelayakan dan efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan rumusan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar berbasis TTW yang valid, praktis, dan efektif diterapkan dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas guru PAI serta 23 siswa kelas XI.3 SMA NU Hasyim Asy’ari Tarub. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa, serta tes kemampuan berpikir kritis melalui pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis Think Talk Write memperoleh kategori sangat layak dengan skor rata-rata validasi ahli 4,0. Selain itu, terjadi peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan modul, yang dibuktikan melalui hasil uji Paired Sample T-Test (t = -7,997; p < 0,001) dengan kenaikan nilai rata-rata dari 69,91 menjadi 80,70. Dengan demikian, modul ajar TTW terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta membantu mereka memahami dan menerapkan adab menggunkan rmedia sosial secara lebih mendalam dan bertanggung jawab.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Think Talk Write, Modul Ajar, Berpikir Kritis, Adab Bermedia Sosial, R&D | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:11 | ||||||||
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:11 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16227 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN MODUL AJAR THINK TALK
WRITE UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR
KRITIS SISWA PADA MATERI ADAB
MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DI SMA NU
HASYIM ASY’ARI TARUB. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengembangan Modul Ajar Think Talk Write Untuk Meningkatkan Berpikirkritis Siswa Pada Materi Adab Menggunakan Media Sosial Di Sma Nu Hasyim Asy’ari Tarub. (deposited 12 Nov 2025 08:11) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
