Pengaruh Mata Kuliah Psikolinguistik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2022/2023

Pradana Yusuf, Ari (2025) Pengaruh Mata Kuliah Psikolinguistik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB V_DAPUS_ARI PRADANA YUSUF.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL TEXT_ARI PRADANA YUSUF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
LAMPIRAN_ARI PRADANA YUSUF.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ari Pradana Yusuf. 2025. “Pengaruh Mata Kuliah Psikolinguistik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.Skripsi .Pendidikan Bahasa Arab. Angkatan 2022/2023”. Pembimbing Dr. Hj Sopiah, M. Ag. Kata Kunci : Pengaruh, Mata Kuliah Psikolinguistik, Keterampilan Berbicara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Psikolinguistik terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab. Psikolinguistik sebagai cabang ilmu yang mengkaji hubungan antara bahasa dan proses mental dianggap memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, khususnya keterampilan berbicara. Rumusan masalah yang di ambil oleh peneliti adalah : Apakah terdapat Pengaruh yang signifikan dalam mata kuliah Psikolinguistik terhadap keterampilan berbicara mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2022 di Universitas Islam Negeri K H Abdurrahman Wahid Pekalongan angkatan 2022/2023 ? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui angket persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran Psikolinguistik. Analisis data menggunakan uji regresi liniersederhana untuk mengetahui besarnya pengaruh antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi Psikolinguistik dengan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab. Mahasiswa yang memiliki pemahaman lebih baik tentang proses mental dalam pemerolehan dan produksi bahasa menunjukkan kemampuan berbicara yang lebih lancar, tepat, dan komunikatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Psikolinguistik berkontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa. Sampel nilai di hitung dengan bantuan software SPSS 25 for windows.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Mata Kuliah Psikolinguistik, Keterampilan Berbicara
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:30
Last Modified: 13 Nov 2025 06:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16264

Actions (login required)

View Item View Item