Rosyidah, Mutiara Layudza (2025) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, Dan Layanan Mobile Banking Terhadap Minat Generasi Z Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
4221141_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
4221141_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
4221141_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, dan Layanan Mobile Banking terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat generasi muda, khususnya Generasi Z, dalam konteks perkembangan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan teori Planned Behavior (TPB) sebagai landasan dalam mengkaji perilaku minat nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden Generasi Z yang dipilih secara purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 31 dengan serangkaian teknik analisis, meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, literasi keuangan syariah dan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan, sedangkan layanan mobile banking tidak berpengaruh signifikan terhadap minat generasi z menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan. Secara simultan, ketiga variabel yaitu literasi keuangan syariah, digital marketing, dan layanan mobile banking terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat generasi Z menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, Layanan Mobile Banking, Minat Nasabah, Generasi Z, Bank Syariah Indonesia | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:23 | ||||||||
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:23 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
