Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, Dan Layanan Mobile Banking Terhadap Minat Generasi Z Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kota Pekalongan

Rosyidah, Mutiara Layudza (2025) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, Dan Layanan Mobile Banking Terhadap Minat Generasi Z Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221141_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221141_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4221141_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, dan Layanan Mobile Banking terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan layanan Bank Syariah Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat generasi muda, khususnya Generasi Z, dalam konteks perkembangan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan teori Planned Behavior (TPB) sebagai landasan dalam mengkaji perilaku minat nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden Generasi Z yang dipilih secara purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS versi 31 dengan serangkaian teknik analisis, meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, literasi keuangan syariah dan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan, sedangkan layanan mobile banking tidak berpengaruh signifikan terhadap minat generasi z menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan. Secara simultan, ketiga variabel yaitu literasi keuangan syariah, digital marketing, dan layanan mobile banking terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat generasi Z menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPurwanti, IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, Layanan Mobile Banking, Minat Nasabah, Generasi Z, Bank Syariah Indonesia
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:23
Last Modified: 13 Nov 2025 02:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16279

Actions (login required)

View Item View Item