Nazila, Aulia (2025) Teachers’ Strategy in Teaching Science in Bilingual Classroom. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
|
Text
2519108_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2519108_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
2519108_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
Abstract
Bahasa Inggris yang digunakan di sektor atau bidang selain Bahasa Inggris dikenal sebagai Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar (BPP), atau EMI. Dengan kata lain, siswa dan guru dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan tantangan guru dalam mengajar teks ilmiah menggunakan bahasa Inggris di kelas bilingual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi terhadap guru sains di salah satu sekolah islam di Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran berbasis translanguaging, seperti penggunaan label bilingual, pengulangan dan terjemahan antarbahasa, penerapan literasi simultan, serta penggunaan dua bahasa untuk tujuan fungsional yang berbeda. Strategi ini membantu siswa memahami konsep ilmiah sekaligus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan utama, antara lain perbedaan kemampuan bahasa siswa, keterbatasan sumber daya pengajaran, tuntutan penguasaan dua kurikulum, kesulitan dalam menilai pemahaman siswa, dan kurangnya pelatihan profesional bagi guru. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan strategi translanguaging dalam pembelajaran sains bilingual agar proses belajar lebih inklusif dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Kelas bilingual, English Medium Instruction (EMI), strategi guru. | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:39 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:39 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16379 |
Available Versions of this Item
-
Teachers’ Strategy in Teaching Science in Bilingual Classroom. (deposited UNSPECIFIED)
- Teachers’ Strategy in Teaching Science in Bilingual Classroom. (deposited 14 Nov 2025 06:39) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
