Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Quran Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Nu 7 Tahun 2019/2020 Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes

Hanni, Asih Naufi (2020) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al Quran Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Nu 7 Tahun 2019/2020 Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an sangatlah penting. Ini dikarenakan guru merupakan agen serta motivator keberhasilan penyampaian materi atau bahan ajar membaca dan menulis Al-Qur’an. Jika tidak ada upaya yang dilakukan, maka dipastikan peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian adalah untuk menjawab rumusan masalah berupa mengetahui bagaimana upaya pengembangan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an, serta faktor yang ditemui mempengaruhi pengembangan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas Vll MTs Ma’arif NU 7 Sawojajar. Penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi guru, siswa kelas Vll dan kepala sekolah MTs Ma’arif NU 7 Sawojajar, serta sumber data sekunder meliputi arsip-arsip sekolah (dokumentasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya mengembangkan kemampuan membaca dan menulis AL-Qur'an pada siswa kelas Vll MTs Ma’arif NU 7 Sawojajar berjalan cukup baik. Guru dengan kompetensinya melalukan pembelajaran dengan profesional, mulai dari melakukan perencanaan, pelaksanaan dengan metode demonstrasi yang diikuti siswa, serta evaluasi yang berkelanjutan dengan menyertakan tim keagamaan sekolah. Adapun faktor yang mempengruhi dalam pelaksanaan pengembangan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an adalah faktor dari diri siswa sendiri (keinginan belajar), dukungan keluarga, dan dukungan sekolah melalui pengadaan sarana prasarana seperti musholah, dan tim keagamaan. Namun, dalam prosesnya, upaya pengembangan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa mts Ma'arif NU 7 Sawojajar masih menemukan kendala berupa perbedaan tingkat kemampuan siswa, adanya siswa yang suka bermain sendiri saat pembelajaran, jumlah siswa yang banyak, dan minimnya waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Mengembangkan Kemampuan, Membaca dan Menulis Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:20
Last Modified: 15 Aug 2022 02:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item