Visual Analysis of Multiculturan Values in an Indonesian EFL Textbook for Junior High School

Nabila, Citra Ainun (2025) Visual Analysis of Multiculturan Values in an Indonesian EFL Textbook for Junior High School. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2519087_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2519087_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2519087_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Di era globalisasi, kemampuan berinteraksi lintas budaya menjadi aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Buku teks, sebagai salah satu sumber utama dalam proses belajar-mengajar, berperan tidak hanya dalam penguasaan Bahasa, tetapi juga dalam pembentukan kesadaran multicultural. Penelitian ini menganalisis representasi nilai-nilai multikultural dalam buku teks Bahasa Inggris “English for Nusantara” untuk siswa kelas VIII yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2022). Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kualitatif dengan menerapkan teori dimensi budaya Moran (2001) dan teori semiotika Barthes (1977) untuk mengidentifikasi serta menafsirkan representasi visual nilai-nilai multikultural. Hasil penelitian menunjukkan lima nilai multikultural utama, yaitu: menghargai produk budaya, menghormati tradisi budaya, menghormati sudut pandang orang lain, menghormati nilai-nilai komunitas, dan menghargai keunikan individu. Nilai-nilai tersebut tercermin melalui berbagai praktik budaya, aktivitas sosial, dan interaksi komunitas yang digambarkan dalam ilustrasi buku teks. Namun, representasi budaya global dan minoritas masih terbatas. Penelitian ini menegaskan potensi buku teks dalam mengembangkan kompetensi komunikasi antarbudaya (Intercultural Communication Competence/ICC) siswa, khususnya dalam aspek sikap, pengetahuan, dan kesadaran terhadap keberagaman budaya. Implikasi pedagogis menunjukkan bahwa guru perlu memanfaatkan materi visual secara lebih kritis untuk memperkuat pemahaman siswa tentang multikulturalisme dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardini, IsrianiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: analisis buku teks, dimensi budaya, kompetensi komunikasi antarbudaya, nilai-nilai multicultural, semiotika.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:52
Last Modified: 14 Nov 2025 06:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16381

Actions (login required)

View Item View Item