Selfiyana, Salma (2025) Pengaruh Variasi Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlak MTs/MA Mahasiswa PAI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
20122002_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
20122002_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
20122002_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Melalui variasi metode diskusi memungkinkan mahasiswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Hal ini karena dengan penerapan variasi metode diskusi, memungkinkan seluruh mahasiswa untuk aktif mengembangkan diri ketika proses pembelajaran maupun proses jalannya diskusi. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuosioner yang sebarluaskan kepada responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Rerearch. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai jenis penelitian korelasional karena jenis masalah yang diteliti. Populasi data pada penelitian ini adalah 146 mahasiswa PAI Angkatan 2022 yang mengikuti perkuliahan pengembangan pembelajaran Aqidah Akhlak Mts/MA yang menerapkan metode diskusi dengan jumlah samplem sebanyak 59 mahasiswa dengan menggunakan Teknik purposive random sampling. Adapun Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi metode diskusi terhadap motovasi belajar mata kuliah pengembangan pembelajaran Akidah Akhlak MTS/MA Mahasiswa PAI UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan, sehingga dapat memberikansumangsih pemikiran terhadap pembelajaran selajutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perkuliahan pengembangan pembelajaran Aqidah Akhlak berpengaruh pada variabel variasi metode diskusi terhadap variabel motivasi belajar sebesar 24,3 % sedangkan 75,7 dipengaruhi oleh pengaruh lain yang tidak diteliti. Hal ini ditunjukkan dari uji regresi linear sederhana yang diketahui bahwa variabel X memiliki nilai signifikansi sebesar 0,00 yang artinya lebih kecil dari nilai signifikansi yang ditetapkan yakni 5 % atau < 0,05. Hasil ini mendukung hipotesis yang diajukan dan mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variasi metode diskusi terhadap motivasi belajar pengembangan pembelajaran Aqidah Akhlak Mts/MA. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi instansi, seperti Lembaga Pendidikan, akademik, dan universitas dalam upaya meningkatkan motivasi mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Variasi Metode Diskusi,Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 02:55 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 02:55 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
