Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Remaja di Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal

Laila, Nazmu (2020) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Remaja di Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perilaku sosial remaja diartikan sebagai segala bentuk aktivitas atau tindakan yang dilakukan oleh remaja dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang sifatnya berulang-ulang terhadap obyek sosial. Tingkah laku ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya faktor internal yaitu dari dalam diri seseorang dan eksternal yaitu dari bagaimana kondisi lingkungan tempat ia tinggal. Salah satunya adalah keluarga. Pendidikan dalam keluarga merupakan aspek penting dalam pembentukan perilaku seseorang. Pendidikan dalam keluarga dilakukan dengan penanaman nilai-nilai agama, etika yang meliputi budi pekerti, cara, tingkah laku yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan agama Islam dari keluarga akan membentuk anak menjadi remaja yang baik di dalam berperilaku kepada siapapun dan dimanapun. Penelitian ini ditulis dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana tingkat pendidikan agama Islam dalam keluarga dan perilaku sosial remaja di desa Purwahamba kecamatan Suradadi kabupaten Tegal? 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perilaku sosial remaja di desa Purwahamba kecamatan Suradadi kabupaten Tegal? 3) Seberapa besar pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap perilaku sosial remaja di desa Purwahamba kecamatan Suradadi kabupaten Tegal?. Adapun tujuan dari penelitian tersebut adalah 1) Untuk mengetahui tingkat pendidikan agama Islam dalam keluarga dan perilaku sosial remaja di desa Purwahamba kecamatan Suradadi kabupaten Tegal. 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap perilaku sosial remaja. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap perilaku sosial remaja. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program IBM SPSS 22 for windows. Dalam uji regresi linier yang dilakukan peneliti terhadap variabel X (Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga) dan variabel Y (Perilaku Sosial Remaja) menunjukkan nilai signifikansi 0,254 > 0,05, itu berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap perilaku sosial remaja. Hal ini terjadi karena faktor yang mempengaruhi perilaku sosial remaja tidak hanya pada pendidikan dari keluarga, melainkan dari lingkungan sekitar, seperti masyarakat dan teman sebaya. Dimana terkadang perkembangan perilaku sosial remaja di lingkungan masyarakat memiliki pengaruh lebih besar baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTabi’in, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Perilaku Sosial, Remaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:21
Last Modified: 15 Aug 2022 02:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item