AZZAHRA, AULIA (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) melalui Penggunaan Permainan Edukatif ‘Matching Card’ Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAPUS_AULIA AZZAHRA.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
FULL_TEXT_AULIA AZZAHRA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_CV_AULIA AZZAHRA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemahaman Konsep Pembelajaran matematika di sekolah menuntut siswa untuk memahami konsep secara mendalam, bukan sekadar menghafal rumus. Salah satu pendekatan yang dapat membantu mencapai hal tersebut adalah model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran RME melalui permainan edukatif Matching Card dan untuk menganalisis pengaruhnya terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungwuni. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment menggunakan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelasnya terdiri dari 31 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran RME melalui permainan Matching Card dan kelas kontrol dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pemahaman konsep berupa pre-test dan posttest, serta dokumentasi selama proses pembelajaran. Analisis data meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, homogenitas, uji linearitas, Paired Sample T-Test, Independent Sample T-Test, dan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS Statistics 31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan model pembelajaran RME melalui permainan Matching Card berjalan baik sesuai dengan sintaks pembelajaran, yaitu penyajian masalah realistik, eksplorasi strategi informal, diskusi dan berbagi strategi, matematisasi progresif, serta refleksi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai signifikansi uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test sebesar < 0,001 (< 0,05) yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan pemahaman konsep matematika siswa pada kelas eksperimen. Selain itu, hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi < 0,001 dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,239 yang berarti model RME melalui permainan Matching Card memberikan kontribusi sebesar 23,9% terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RME melalui permainan edukatif Matching Card berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungwuni.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Realistic Mathematics Education (RME), Permainan Edukatif, Matching Card, Pemahaman Konsep | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 08:55 | ||||||||
| Last Modified: | 14 Nov 2025 08:55 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16408 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
