Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Website di Kelas X SMK Ar-Rahman Watusalam Buaran Pekalongan

Gim N, A. A (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Website di Kelas X SMK Ar-Rahman Watusalam Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221048_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2221048_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah sarana untuk mencerdaskan bangsa. Sejalan dengan perkembangan ilmu teknologi serta kebijakan pemerintah, peningkatan mutu pendidikan untuk semua jenjang pendidikan merupakan satu prioritas dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam proses pembelajaran terdapat dua unsur yang sangat penting yaitu metode pengajaran dan media pembelajaran, yang mana dari kedua aspek ini saling berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis website yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X SMK Ar-Rahman Watusalam Buaran Pekalongan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab yang masih menggunakan metode konvensional dan media pembelajaran yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ar-Rahman Watusalam Buaran Pekalongan sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis website yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil validasi ahli media memperoleh skor 94% dengan kategori “sangat layak”. Media ini dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi bahasa Arab. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis website yang dikembangkan ini efektif dan layak digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran di SMK Ar-Rahman Watusalam Buaran Pekalongan, serta dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, bahasa Arab, website, Google sites, kelayakan, pembelajaran bahasa, hasil belajar.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Nov 2025 05:57
Last Modified: 14 Nov 2025 05:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16441

Actions (login required)

View Item View Item