Fitriani, Eli (2020) Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
BAB I-V.pdf Download (5MB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Kewibawaan guru merupakan salah satu yang mempengaruhi minat belajar siswa. Dengan adanya kewibawaan segala bentuk bimbingan yang diberikan oleh pendidik akan diikuti secara suka rela oleh anak didiknya. Seorang guru perlu berusaha untuk meningkatkan minat siswanya. Minat dalam proses belajar mengajar perlu diperhitungkan, karena pada dasarnya orang yang senang mengerjakan sesuatu tergantung pada minatnya. Semakin rendah minat belajar siswa terhadap suatu pelajaran , maka akan semakin rendah juga daya tarik siswa dalam belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kewibawaan guru di SMP satu Atap Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan ? (2) Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan ? (3) Apakah terdapat pengaruh antara kewibawaan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agam Islam di SMP Satu Atap Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan ? Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field search), jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisi regresi linear sederhana. Berdasarkan hasi penelitian ini, kewibawaan guru di SMP satu Atap Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik, karena rata-rata hasil angket adalah 64 berada diinterval 61-6. Kemudian minat belajar siswa di SMP satu Atap Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik, karena rata-rata minat belajar siswa adalah 64 berada di interval 64-66. Kemudian uji ttes pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% kesimpulannya sama yaitu tidak terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara kewibawaan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP satu Atap Mesoyi Kec. Talun Kab. Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kewibawaan Guru, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Depositing User: | Noorma Fitriana M. Zain | ||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:26 | ||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1645 |
Actions (login required)
View Item |