Pengaruh Pemberian Punishmment Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan”.

Noviyanti, Noviyanti (2020) Pengaruh Pemberian Punishmment Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan”. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULLL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perilaku menghukum atau memberikan punishment dalam dunia pendidikan kita sudah bukan menjadi hal baru untuk diperbincangkan. Artinya, penerapan hukuman sudah lama diperbincangkan, pemberian hukuman ini mengundang pro-kontra. Ada yang beranggapan bahwa memberi punishment (hukuman) itu biasa biasa saja dan ada juga yang beranggapan memberi punishment (hukuman) merupakan kesalahan dalam dunia pendidikan. Dengan adanya punishment (hukuman) diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah, tentunya dengan menggunakan punishment (hukuman) yang bersifat paedagogis dan memperhatikan tingkat perkembangan siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Pemberian Punishment di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, (2) Bagaimana Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, (3) Bagaimana Pengaruh Pemberian Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Adapun jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel independennya adalah pemberian punishment, variabel dependennya adalah kedisiplinan siswa kelas VIII. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa, dengan teknik random sampling Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah pertama, pemberian punishment masuk dalam kategori sangat baik, hal ini dibuktikan dengan jumlah skor total (∑X) = 3255 berada pada interval 3120≤ skor ≤ 3840. Sedangkan kedisiplinan siswa kelas VIII termasuk dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan jumlah skor total (∑Y) = 3025 berada pada interval 2400 ≤ skor ≤ 3120. Hasil analisis pengaruh pemberian punishment terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 15,3%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian punishment terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP Islam Wonopringgo Kabupaten Pekalongan sebesar 15,3%. Sedangkan sisanya 84,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholehuddin, SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Punishment, kedisiplinan, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:28
Last Modified: 15 Aug 2022 02:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item