. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas 5B Di MI Ma’arif NU Kalijambe

Fatimah, Ummy (2025) . Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas 5B Di MI Ma’arif NU Kalijambe. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
20322082_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
20322082_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(3).pdf

Download (568kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ummy Fatimah. 20322082. 2025. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas 5B Di MI Ma’arif NU Kalijambe. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Mufidah, S.Ag., M.S.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sering dianggap membosankan oleh siswa karena banyaknya materi sejarah yang harus dihafal. Kejenuhan belajar ini menyebabkan siswa kurang fokus, kurang berpartisipasi aktif, dan hasil belajar mereka menurun. Beberapa penelitian sebelumnya telah membahas strategi mengatasi kejenuhan belajar, tetapi masih sedikit yang secara khusus menganalisis penerapan strategi yang variatif dalam mata pelajaran SKI. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi yang tepat. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif NU Kalijambe Sragi, pada siswa kelas 5B. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar SKI pada siswa kelas 5B di MI Ma’arif NU Kalijambe. (2) untuk mendeskripsikan hasil dari strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar mata pelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk melihat langsung bagaimana strategi pembelajaran diterapkan di kelas. Wawancara dilakukan dengan guru dan siswa untuk mengetahui strategi yang digunakan. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan bukti seperti foto, video, dan catatan selama proses pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh dianalisis melalui model Miles and Huberman, yaitu dengan cara kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi yang diterapkan guru mampu mengatasi kejenuhan belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas 5B yaitu penggunaan Ice Breaking (tepuk semangat), penayangan video animasi sejarah, metode diskusi, menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament), dan pemberian Reward. Dengan adanya strategi ini, siswa lebih termotivasi, lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, strategi pembelajaran yang diterapkan tetap sesuai dengan modul ajar yang telah disusun. 2) Hasil dari strategi yang diterapkan guru SKI pada siswa kelas 5B yaitu siswa menjadi lebih aktif dan antusias; suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan; siswa lebih mudah memahami matri pelajaran; terjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:04
Last Modified: 17 Nov 2025 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16559

Actions (login required)

View Item View Item