Rokhim, Sarif Abdul (2025) Efektivitas Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Fungsi Invers Siswa Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah 02 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2621100_Cover, Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2621100_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2621100_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi fungsi invers siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 02 Pekalongan. Latar belakang penelitian didasarkan pada temuan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah, khususnya pada materi fungsi invers, serta proses pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah sehingga partisipasi siswa kurang optimal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest–posttest one group design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 39 orang yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, paired sample ttest, serta perhitungan N-Gain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam kegiatan pembelajaran matematika materi fungsi invers pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 02 Pekalongan? (2) Bagaimana perbandingan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model MMP? dan (3) Apakah penerapan model MMP berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model MMP dilaksanakan dalam tiga pertemuan, melibatkan tahapan Review, Development, Controlled Practice, Independent Practice, Seatwork, dan Assignment. Siswa belajar secara aktif, berdiskusi dalam kelompok, mengerjakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), serta menerapkan konsep fungsi invers dalam soal terapan. Analisis pretest menunjukkan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol relatif seimbang, dengan rata-rata 40,48 dan varians homogen. Hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata 81,43. Paired Sample t-Test memperlihatkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest (t-hitung = –8,401; Sig. = 0,000 < 0,05), yang menandakan model MMP efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan analisis N-Gain, rata-rata N-Gain Score sebesar 0,6447 berada pada kategori sedang, dan N-Gain Persen rata-rata 64,47% termasuk kategori cukup efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa model MMP memberikan dampak positif yang nyata dalam meningkatkan pemahaman konsep fungsi invers dan kompetensi matematika siswa secara keseluruhan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Missouri Mathematics Project, Hasil Belajar, Matematika. | ||||||||
| Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 08:39 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 08:39 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
