Upaya Guru Mencetak Peserta Didik Yang Berakhlakul Karimah Melalui Program Sekolah Takhassus Al-Qur’an (Studi Kasus: MI Nu Buaran)

Sabila, Safa (2025) Upaya Guru Mencetak Peserta Didik Yang Berakhlakul Karimah Melalui Program Sekolah Takhassus Al-Qur’an (Studi Kasus: MI Nu Buaran). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319146_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319146_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2319146_Lampiran.pdf

Download (675kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sabila, Safa, 2025. Upaya Guru Mencetak Peserta Didik Yang Berakhlakul Karimah Melalui Program Sekolah Takhassus Al-Qur’an (Studi Kasus MI NU Buaran). Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag. Kata Kunci: Upaya Guru, Akhlakul Karimah, Program Takhasus Al-Qur’an, MI NU Buaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah melalui kegiatan keagamaan yang terarah. MI NU Buaran merupakan lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan program Sekolah Takhassus Al-Qur’an sebagai wadah pembentukan akhlak dan penguatan karakter religius siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah melalui program Takhassus Al-Qur’an serta mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan pihak sekolah yang terlibat dalam pelaksanaan program Takhassus Al-Qur’an di MI NU Buaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mencetak peserta didik berakhlakul karimah dilakukan melalui kegiatan pembiasaan ibadah seperti shalat dhuha, tadarus dan hafalan Juz ‘Amma, pembacaan doa harian, serta penanaman nilai sopan santun dan disiplin melalui kegiatan keagamaan dan karakter building.Faktor pendorong dalam pelaksanaan program ini meliputi dukungan penuh pihak sekolah, lingkungan madrasah yang religius, kompetensi guru dalam pembinaan karakter, serta keterlibatan orang tua. Adapun faktor penghambatnya antara lain lemahnya pengawasan orang tua di rumah, keterbatasan sarana prasarana, pengaruh negatif lingkungan sosial, dan dampak media digital terhadap perilaku siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Akhlakul Karimah, Program Takhasus Al-Qur’an, MI NU Buaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:01
Last Modified: 18 Nov 2025 03:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16684

Actions (login required)

View Item View Item