Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Al Falah Desa Rembun Kecamatan Siwalan

Dany, Muhammad Amhar (2025) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Al Falah Desa Rembun Kecamatan Siwalan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121119_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (907kB)
[img] Text
2121119_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121119_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dany, Muhammad Amhar. 2025. “Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Al Falah Desa Rembun Kecamatan Siwalan.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Arditya Prayogi, M.Hum. Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, TPQ Al Falah Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang harus dibaca secara benar dan tartil sesuai kaidah tajwid. Meskipun Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbanyak, penelitian menunjukkan adanya keragaman dan masih ada umat Islam yang belum bisa melafalkan Al-Qur’an. Tantangan pembelajaran Al-Qur’an di lembaga pendidikan menuntut pemilihan metode belajar yang efektif. Salah satu metode yang dinilai efektif dan berfokus pada tajwid dengan memanfaatkan ritme ketukan adalah metode An-Nahdliyah. TPQ Al Falah di Desa Rembun telah menggunakan metode An-Nahdliyah untuk mengatasi kendala dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santrinya, yang menjadi fokus utama dalam kajian penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al Falah Desa Rembun Kecamatan Siwalan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapagan (field research) dengan pendekatan penelitian deksriptif kualitatif, yang teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana dengan tahap: Kondensasi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Al Falah berjalan terencana, terstruktur, dan berkelanjutan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran dilakukan dengan sistem talaqqi dan ketukan berirama sehingga santri mampu membaca Al-Qur’an secara tartil, tepat makhraj, dan sesuai tajwid. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik setelah metode An-Nahdliyah diterapkan. Keberhasilan tersebut didukung oleh kompetensi guru, semangat santri, dan dukungan orang tua, meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu belajar dan perbedaan kemampuan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrayogi, ArdityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, TPQ Al Falah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 06:24
Last Modified: 18 Nov 2025 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16699

Actions (login required)

View Item View Item