Strategi Madrasah Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Di Mts Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan

Nilatul, Muzkiyah (2025) Strategi Madrasah Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Di Mts Al-Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121130_Cover, Bab I dan Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121130 _Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2121130_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Muzkiyah, Nilatul. 2025. Strategi Madrasah dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa di MTs Al Utsmani Kajen Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. H. Akhmad Zaeni, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Madrasah, Sikap Disiplin, Siswa Disiplin merupakan unsur penting dalam membentuk karakter siswa, namun dalam praktiknya, masih ditemukan beberapa pelanggaran disiplin di madrasah, seperti siswa terlambat, kurang rapi dalam berpakaian. Oleh karena itu, madrasah memerlukan strategi yang tepat dan konsisten, untuk meminimalkan pelanggaran dan menumbuhkan budaya disiplin yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan strategi madrasah dalam membentuk sikap disiplin siswa di MTs Al Utsmani Kajen, Kabupaten Pekalongan, 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat madrasah dalam membentuk sikap disiplin siswa di MTs Al Utsmani Kajen, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer meliputi wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru BK, guru PAI dan empat siswa kelas VIII MTs Al Utsmani. Sumber data sekunder meliputi buku, jurnal, dokumen. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasisumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Al Utsmani menerapkan berbagai strategi untuk membentuk sikap disiplin siswa, meliputi tiga tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan kebijakan dan program kedisiplinan melalui rapat koordinasi dan dituangkan dalam KTSP. Pada tahap pelaksanaan strategi kedisiplinan meliputi, pembinaan dan bimbingan, keteladanan guru, motivasi dan penghargaan, pembiasaan yang konsisten, penguatan karakter, pengawasan, dan pemberian peringatan atau hukuman yang mendidik. Sedangkan tahap evaluasi dilaksanakan secara berkelanjutan melalui pencatatan jurnal kelas, abensi harian, pembinaan mingguan, dan rapat kerja tahunan. Faktor-faktor pendukung keberhasilan strategi ini adalah kerja sama yang baik antara guru, orang tua, dan pihak pondok pesantren, kesadaran siswa, serta aturan yang jelas yang ditetapkan oleh madrasah dan yayasan. Namun penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan waktu yang menyebabkan siswa terlambat, kurangnya kesadaran diri pada sebagian siswa, pengaruh teman sebaya, dan kurangnya konsistensi pengawasan. Secara keseluruhan, strategi madrasah telah berjalan dengan baik, meskipun tantangan-tantangan ini memerlukan penanganan yang berkelanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. H. Akhmad, Zaeni, M.Ag196211241999031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Madrasah, Sikap Disiplin, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:36
Last Modified: 18 Nov 2025 07:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/16704

Actions (login required)

View Item View Item